Kamis, 17 Desember 2015

cek daftar black list BI online

Sahabat pinjaman-uang.com, beberapa hari lalu saya mendapat complain oleh nasabah yang mengajukan pinjaman uang dana tunai cepat, karena penolakan atas pengajuannya yang bersangkutan merasa sudah memenuhi semua data dan juga merasa mampu…. Yup semua konsumen juga akan merasa seperti itu tapi ada hal yang mereka tidak sadari yaitu permasalahan SID mereka sudah masuk daftar black list BI, pada dasarnya BI ceking ditempat kami hanya formalitas namun hal tersebut juga sebagai acuan yang jika konsumen mempunyai banyak permasalahan terhadap kreditnya kami juga segan untuk memberikan kredit, siapa sich yang mau memberi hutang dan tidak di bayar cape dech....
Untuk pemecahan hal ini sebagai dasar acuan dan info status sahabat apakah terkena backlist di Bank Indonesia (BI) maka saya coba tulis artikel ini mungkin akan banyak kekurangan tapi yach namanya untuk acuan bolehlah ha…ha...ha…..

sahabat ketika sahabat mengajukan credit, baik itu melalui sarana kartu credit ataupun hal lain yang melewati jalur bank secara automatis nama sahabat bakal terdaftar dalam daftar kolektibilitas BI. Dalam daftar itu bakal terekam jejak pelunasan credit serta diurut berdasar ranking.

Ranking pertama yaitu beberapa orang yang senantiasa melunasi pembayaran dengan tepat waktu. Dan rangking terakhir atau ranking ke lima diisi daftar beberapa nama orang yang melakukan penunggakan pembayaran lebih 270 hari. Ranking ini umum dimaksud agar dalam memberikan kredit tidak akan salah lagi atau lebih tepatnya kredit diberikan kepada orang yang pantas dan layak.

Data tersebut umumnya jadikan rekomendasi pihak bank untuk tahu track record utang calon nasabahnya. Pihak bank dapat menolak pemberian kredit, bila nyatanya nama nasabah yang ajukan  termasuk dalam ranking penunggak.

namun hal tersebut bukan harga mati konsumen yang sudah masuk dalam daftar menunggak dapat membuka blacklistnya dengan beberapa cara yaitu melunasin atau membuat kesepakatan agar nantinya pihak bank atau instansi yang member kredit membuka blacklist ini, dalam pengecekan daftar blacklist bukan hanya untuk pihak bank namun dapat juga oleh personal. Langkahnya juga cukup gampang, sahabat tinggal datang ke gerai informasi BI serta meminta formulir permintaan IDI dengan membawa KTP asli tanpa diwakilkan. Keinginan data SID dapat juga dengan cara on-line lewat situs BI.

Bila telah dalam daftar blacklist, bagaimana caranya keluarnya? BI memberi tenggat saat sampai enam bln. untuk mereka yang masuk dalam blacklist. Prasyaratnya yaitu dengan melunasi seluruhnya tunggakan yang ada. Bila telah dilunasi, jadi BI bakal menaikan peringkat peminjam ke posisi yang tambah baik.

Bila konsumen yang mengajukan kredit  menemukan kesalahan data di sID, ia dapat ajukan keluhan segera ke BI untuk selekasnya mengkoreksi.

Untuk info selanjutnya tentang SID, sahabat dapat membacanya pada apa itu sistem informasi debitur atau manfaat sistem informasi debitur

Dan sobat juga dapat mengecek apakah sobat masuk blacklist bi atau tidak secara online klik di sini formulir online cek blacklist BI
oh ya cek blacklist BI ini hanya dasar informasi bukan treck record credit yaaa... moga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas komentar sobat, saya akan membalas secepatnya, salam sukses!!

BACA JUGA POSTING LAINNYA