Rabu, 14 Januari 2015

KENAPA KITA PENSIUN MUTLAK PUNYA 3 MILYAR

KENAPA KITA PENSIUN MUTLAK PUNYA 3 MILYAR
Inilah Indonesia dimana para penduduknya masih berpikiran sesaat dan ini sama seperti saya dahulu( hadeh....) tapi saya mulai merubah pola pandang how...? ea lewat blog ini, sobat perlu diketahui Cuma 7 persen para pekerjan di indonesia yang telah memahami juga mempersiapkan masa pensiun secara benar, gaya bener owner blog ini ea hahaha... tau dari mana seh??? hasil tersebut dari survey teranyar OJK loh sob... jadi ga main-main. Itu berarti ada93% yang tidak mempunyai bayangan bagaimana hidup mereka setelah masuk umur pensiun. Angka itu agak mengerikan. ada banyak pekerja yang jatuh miskin waktu masuk saat pension, Tabungan semakin terkuras, tidak lagi  berpenghasilan, serta dipaksa untuk bekerja serabutan waktu umur semakin tua. Beberapa survey tunjukkan manusia Indonesia itu tidak bagus dalam merencanakan hidup.

Yah, kita serahkan saja pada Yang Di Atas. Rejeki telah ada yang atur. Bila kalimat ini tidak dibarengi dengan ikhtiar yang super serta systematis, maka kata ihtiar itu baru mempunyai arti, tapi kalo tidak maka itu menjadi kata-kata orang yang menyerah. Ikhtiar yang sungguh-sungguh adalah berusaha sekeras-kerasnya karena Tuhan akan tidak merubah nasib golongan yang tidak ingin merubah nasib golongan tersebut. seringkali kalimat itu disampaikan sebatas sebagai bentuk "pelarian dari fakta hidup yang pahit" (hayooo... bos sadar). Kalimat menghibur diri yang kosong, karena tidak dibarengi dengan hitungan jeli bagaimana nantinya hidup setelah pensiun. jangan Baru sadar bila duit ditabungan betul-betul 0. Yang lebih pahit : kalimat yang berkesan bijak itu dipakai untuk menutupi ketidakmampuan sobat dalam lakukan rencana keuangan yang systematis. Selalu saja menghibur diri dengan kalimat indah, hingga satu hari tersadar, tidak ada lagi harta yang dapat diwariskan pada anak-anak.Mari kita hitung keperluan tabungan disaat sobat pensiun ini sangat menyeramkan loch. Anggapan perhitungan ini yaitu saat ini umur sobat 30 th. serta mempunyai dua anak (berarti sobat pensiun seputar 26 th. lagi).

Yang pertama yaitu cost hidup keseharian sobat serta pasangan sobat. Saat ini cost hidup untuk dua orang di kota besar kurang lebih Rp5 juta/bln maka 26 th. lagi waktu sobat pensiun, berapakah cost hidup untuk sobat serta pasangan sobat? saya yakin kurang lebih Rp15 juta/bln. (kembali estimasi yang konservatif, karena inflasi per th. = 8%). Sebatas informasi : harga sepeda motor Honda baru naik seputar 5 kali lipat dalam kurun saat yang sama. Berarti, waktu masuk saat pensiun, sobat perlu duit Rp 15 Jt/bln. sebatas untuk dapat makan serta hidup (belum bila sakit karena umur semakin tua). Untuk cost hidup dalam satu tahun diperlukan dana Rp 180 juta (15 juta x 12 bln.) Nah,  berapakah th. sobat serta pasangan bakal bertahan hidup jika tidak mempersiapkan semua dari sekarang?

Yang kedua Cost besar yang bakal disediakan waktu sobat masuk umur 50-an th. yaitu menikahkan dua anak sobat. Cost pernikahan simpel saat ini menggunakan tidak kurangRp 50Jt juta/anak. Dua puluh th. lagi, waktu dua anak sobat siap menikah, mungkin saja biayanya telah tembus Rp 300 juta (estimasi yang konservatif mengingat inflasi yang tinggi setiap th.). Berarti cost pernikahan dua anak sobat itu yaitu Rp 600 juta (duit sebesar ini berat, boro-boro membelikan dua rumah buat dua anak terkasih, kalo anaknya tau diri pake duit sendiri nikahnya ha…ha…).

Saat ini umur rata-rata orang Indonesia yaitu 70 th.. Berarti, sejak pensiun di umur 56 th,rata-rata, sobat masih tetap hidup sampai 14 th lagi (kalo Tuhan mengijinkan). maka Tabungan yang harus disediakan adalah Rp 180 juta x 14 th. = Rp 2.,5 M. Ditambah cost pernikahan dua anak Rp 600 juta, jadi Rp 3,1 M (wew..... wak....waw.....) Jadi bila umur sobat saat ini 30 th., jadi sobat mempersiapkan dana minimum Rp 3 milyar agar saat tua hidup sobat tak di habiskan dijalanan, merana nasibnya serta terlunta-lunta. kalo cuma dari tabungan, akan tidak cukup. Contoh sobat menabung satu bulan Rp 1 juta, satu tahun cuma bisa Rp 12 juta. Kurun waktu 26 th. menabung cuma dapat Rp 312 juta (jauh dari keperluan yang Rp3 milyar sob). Kepala semakin peningkan.

sobat kata "rejeki mah telah ada yang ngatur", adalah kalimat indah yang paling manjur untuk penghilang  pusing dikepala melihat angka tersebut di atas walau cuma sesaat. (nantinya akan pusing lagi jika waktunya tiba), Tidak ada pilihan lain duit sobat janganlah ditabung, namun DI-INVESTASI-KAN. Karena perencana keuangan katakan, "yang mampu mengikuti kenaikan inflasi adalah duit yang investasikan ke tempat yang produktif". salah satu pilihan investasi adalah reksadana (minimum investasi cuma Rp 200 ribu sebaiknya teratur tiap bulan). Atau ke ke bidang property (ruko ditempat strategis yang ada di kampung halaman mungkin saja?) Atau tabungan yang ada dipakai untuk modal usaha yang cukup menguntungkan. Dapat buat buka kos kosan hingga nantinya bisa passiveincome yang ideal. Atau, mungkin saja untuk usaha franchise kuliner. Semakin muda sobat mempersiapkan dana untuk pensiun, semakin bagus. Plan your future lifeproperly. (liat tulisan saya belajar dari tukang potong sapi ketiban 16 milyar lebih ) pikiran picik hidup diumur tua masih ada anak-anak kok, Baiknya dijauhi, Karena anak-anak sobat nantinya juga perlu cost yang tidak sedikit untuk membiayai keluarga serta cucu cucu sobat, Saya tidak tahu kapan sobat bakal pensiun. Mungkin saja 20 th. lagi, 10 th. atau 8 th. lagi. Tetapi sempatkan diri sobat sesaat untuk memikirkan suingguh-sungguh, apa yang perlu sobat kerjakan agar sobat memperoleh rejeki yang barokah sejumlah minimum Rp3 M. Agar nantinya waktu umur 60 th., sobat tidak lagi mesti naik busway tiap-tiap pagi, berjejalan menembus kemacetan Untuk sesuap nasi.

Agar hidup sobat dapat diteruskan. Sampai ajal dengan tenang,untuk sobat yang mau memulai usaha dalam mempersiapkan masa pensiun dan butuh pinjaman dana untuk modalnya jangan ragu untuk hubungi saya ea... salam sukses selalu

4 komentar:

  1. Tiap orang mempunyai perpektif yang berbeda masalah uang secara logika tulisan agan bisa diterima namun benar jika kita lihat keadaan ekonomi indonesia agak berat untuk di kejar tapi its oks patut dikejar tanks for share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat sobat kalo butuh modal usaha jangan ragu hubungi saya

      Hapus
  2. Sadis 3 m metik di mana om

    BalasHapus
  3. Sadis 3 m metik di mana om

    BalasHapus

Trimakasih atas komentar sobat, saya akan membalas secepatnya, salam sukses!!

BACA JUGA POSTING LAINNYA