Kamis, 08 Januari 2015

membangun peluang usaha

usaha, umumnya diawali dengan coba-coba, terkadang jadi asal-asalan. diawali dengan modal seadanya, keadaan seadanya, dengan orang yang sama-sama belajar dari 0. saya kira, dari mengawali yang serba kekurangan inilah yang dapat membuat kita makin cerdas didalam melakukan bisnis. sistem usaha ini dapat berikan pengalaman usaha yang makin hari makin mencerdaskan kita.

belajar dari pengalaman usaha tiap-tiap hari serta keperluan dapat kemajuan usaha kita, berawal kita berikan sentuhan manajemen, meskipun itu sederhana. saling berbagi pekerjaan atau berbagi manfaat. ada yang pegang keuangan, ada pemasaran. ada bagian produksi, ada juga yang ngurusi karyawan. terkadang ada sebagian pekerjaan tetap dirangkap satu orang. inimenuju sistem usaha yang sebenarnya. berarti, usaha yang mempunyai sistem yang baik. dengan tadanya sistem, kita sebagai pengusaha condong mengelola perusahaan dengan full time. saat ini, sesudah ada sistem, cukup hanya part time.

oleh dikarenakan itu, menurut saya, bila perusahaan kita telah mempunyai sistem yang baik, serta usaha kita relatif berkembang, maka peluang kita untuk mengembangkan usaha amat terbuka luas, terhitung buka usaha baru. menurut pengalaman saya, lebih mudah membangun bisnisnya yang ke dua, ke tiga, dan sebagainya, dari pada saat mengawali usaha yang pertama. dikarenakan, disaat mengawali usaha yang pertama kita belum memiliki apa-apa. sesaat, membangun usaha selanjudnya lebih mudah dikarenakan usaha kita yang pertama telah mempunyai sistem yang baik. saya kira, butuh dipertimbangkan matang-matang bila kita ingin coba membangun usaha yang ke dua, semestinya usaha kita yang pertama telah mempunyai sistem yang baik.
dengan kegiatan kita yang pada mulanya full time, serta sebagai pengusaha jadi part time, dimungkinkan kita mempunyai banyak waktu senggang. banyaknya waktu senggang itu, membuat kita sebagai pengusaha dapat lebih konsentrasi saat menciptakan bisnis-bisnis baru. menciptakan usaha baru itu bermakna kita sudah menciptakan sumber pendapatan baru. bila perusahaan kita mempunyai sistem yang baik, maka manajer serta karyawan dapat bekerja sesuai dengan apa yang kita kehendaki. hingga, banyak pekerjaan yang telah terbagi habis oleh beberapa professional di lingkungan usaha kita. didalam konteks inilah, pengusaha tidak mesti konsentrasi. justru yang perlu konsentrasi yaitu orang-orang yang mengelola usaha kita. cuma barangkali, kita mesti turut konsentrasi di awal berdirinya usaha tersebut. sesudah usaha kita terlihat jalur, yah mencari konsentrasi yang lain.

sebagai pengusaha, baiknya kita bukan sekedar mempunyai satu sumber pendapatan saja. namun kita bisa menciptakan banyak sumber pendapatan. seperti kita punya telur sepuluh menetas sembilan, itu tambah baik daripada cuma memiliki satu telur yang menetas. dengan kita bikin usaha yang ke dua, ke tiga, dan sebagainya, kita mengharapkan memperoleh pendapatan yang ke dua, ke tiga, dan sebagainya. hingga, dengan kita mempunyai sumber pendapatan, maka kita sebagai pengusaha memiliki peluang untuk mempunyai kebebasan financial.

motivasi kita menciptakan usaha ke dua, ke tiga, dan sebagainya dapat punya dampak sosial, yakni menciptakan lapangan kerja, membagi-bagi keuntungan, dan sebagainya. berarti, kita sebagai pengusaha mempunyai kepedulian sosial yang tinggi. nah sobat silakan coba dan semoga tetap sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas komentar sobat, saya akan membalas secepatnya, salam sukses!!

BACA JUGA POSTING LAINNYA