Kamis, 08 Januari 2015

Kredit pinjaman uang modal usaha 02199687811

Kredit pinjaman uang modal usaha
selamat datang di blog yang melayani pinjaman uang dan dana tunai cepat, sahabat sering dengar istilah kredit? pasti jawabannya sering. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menjumpai istilah ini, baik proses jual beli ataupun dalam bentuk pinjaman ke bank. Umumnya kredit identik dengan dunia usaha, ketika pelaku usaha mencoba mendapatkan modal usaha untuk menjalankan bisnisnya dengan cara meminjam sejumlah uang pada bank.

Definisi dan Unsur-Unsur Kredit

Secara sederhana, kredit adalah sebuah transaksi atau perjanjian yang pembayarannya ditangguhkan. bahasa ini sebenarnya berasal dari daerah Latin, yatiu credere, berarti 'kepercayaan'. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kredit mempunyai arti pinjaman sampai batas jumlah tertentu yang diizinkan oleh bank atau badan lain. Menurut asalnya, kredit berarti 'kepercayaan'. Oleh sebab itu, kepercayaan jadi salah satu faktor terpenting dalam sebuah proses kredit.

Pinjaman amat penting bagi mereka yang menjalankan usaha sendiri. diharapkan Dengan adanya pinjaman, pengusaha dalam memutar kembali usahanya meskipun modal yang dimilikinya kurang banyak.
Inilah beberapa unsur kredit:
  • Kepercayaan; keyakinan pihak bank sebagai pemberi pinjaman terhadap prestasi yang diberikan kepada nasabah debitur untuk melunasi cicilan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.
  • Jangka Waktu; perlu adanya jangka waktu yang telah disepakati bersama mengenai pemberian pinjaman oleh pihak bank maupun pelunasan pinjaman oleh pihak nasabah debitur.
  • Prestasi; prestasi sebagai objek berupa bunga atau imbalan yang telah disepakati bank dan nasabah debitur.
  • Risiko; dalam menghindari risiko buruk dalam perjanjian pinjaman, diadakan pengikatan angunan atau jaminan yang dibebankan pada pihak nasabah debitur atau peminjam.
Tujuan dan Fungsi Kredit

Inilah beberapa adalah tujuan dan manfaat pinjaman bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya:
  • Bank sebagai pemberi pinjaman dapat keuntungan berupa bunga, biaya administrasi, imbalan, provisi, dan biaya-biaya lain yang dibebankan pada nasabah debitur atau peminjam.
  • Usaha nasabah debitur atau peminjam akan meningkat. melalui pemberian pinjaman investasi maupun pinjaman modal, peminjam diharapkan bisa meningkatkan usahanya.
  • Banyaknya pinjaman yang disalurkan bank mampu meningkatkan pelaksanaan pembangunan di sektor ekonomi. maka Dengan demikian, pemberian pinjaman bisa membantu tugas pemerintah.
Kredit juga berperan dalam:
  • Meningkatkan daya guna uang.
  • Meningkatkan jumlah peredaran uang dan lalu lintas uang.
  • Meningkatkan nilai maupun daya guna barang.
  • Meningkatkan peredaran dan penyebaran barang.
  • Sebagai penunjang stabilitas dalam perekonomian.
  • Mengaktifkan juga meningkatkan kegunaan atau potensi ekonomi yang ada.
  • Sebagai jembatan peningkatan pemerataan pendapatan nasional.
  • Salah satu alat dalam menjalin hubungan internasional.
Jenis-Jenis Kredit

Kredit atau pinjaman dibagi-bagi ke dalam beberapa jenis, sesuai fungsinya. beberapa jenis pinjaman:
Kredit investasi; pinjaman adalah jenis pinjaman jangka menengah dan panjang yang fungsinya untuk investasi barang modal, seperti pembelian mesin dan pembangunan pabrik.
  • Kredit konsumsi; pinjaman biasanya ditujukan untuk membiayai barang-barang pribadi perorangan, misalnya pembelian kendaraan (disebut Kredit Kendaraan Bermotor) atau pembelian rumah (disebu Kredit Pemilikan Rumah).
  • Kredit modal kerja; pinjaman bentuk ini merupakan pinjaman jangka pendek atau menengah yang ditujukan untuk membiayai atau membeli bahan baku produksi.
  • Kredit usaha tanpa agunan dan tanpa bunga; pinjaman ini merupakan pinjaman khusus bagi para pelaku usaha kecil juga menengah. Meski meringankan peminjam sebab tanpa bunga dan agunan, pinjaman ini sangat sulit dan ketat.
Kiat Mendapatkan Kredit Usaha dari Bank

Bagi para pengusaha, mendapatkan pinjaman adalah suatu bentuk suntikan modal agar usahanya tetap berlangsung. dalam mendapatkan pinjaman usaha tidaklah gampang. Bank mewaspadai, memonitor, dan memastikan sahabat layak diberi pinjaman dan sanggup membayar cicilannya.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman pada bank, pastikan sahabat paham betul tata caranya dan pastikan Anda tahu apa yang akan Anda lakukan pada uang pinjaman tersebut nantinya. oleh dari itu, buatlah perencanaan pengelolaan keuangan untuk memastikan uang tersebut keluar masuk dengan produktif.

Pastikan juga sahabat yakin bahwa sahabat mampu membayar cicilan kredit setiap bulan. perlu juga jika Anda memahami suku bunga pinjaman. berpikir matang-matang, barulah Anda berusaha untuk dapat meraih kepercayaan bank.

Untuk meraih kepercayaan bank bahwa sahabat pantas mendapatkan pinjaman usaha, ikuti tips-tips berikut ini.
  • Semakin lama sahabat menjalankan bisnis, semakin baik. Minimal, pastikan bisnis sahabat sudah berjalan selama 1 tahun. Semakin lama usia bisnis sahabat  semakin bank yakin bahwa sahabat memiliki cukup pengalaman dalam berbisnis dan layak diberi pinjaman.
  • Lengkapi kegiatan bisnis sahabat dengan berbagai surat izin, Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan lain2. Dengan adanya dokumen itu, bank tidak bisa menyangsikan bukti legalitas dan keberadaan usaha sahabat.
  • Pastikan catatan rekap aktivitas bisnis sahabat terekap dengan baik, seperti pembukuan pembelian, penjualan, jumlah aset, dan lain2. Catatan-catatan ini berguna untuk menunjukkan kepada bank mengenai 'napas' usaha sahabat dan bahwa usaha sahabat nyata. Buatlah sejujur mungkin, hindari mereka-reka data karena ujung-ujungnya sahabat-lah yang dirugikan karena ketidakjujuran sahabat.
  • Simpan pendapatan bisnis sahabat di sebuah rekening yang sahabat buka khusus buat usaha. Lakukan penyetoran juga penarikan secara berkala. Bank akan meminta fotokopi buku rekening tabungan selama 6 bulan terakhir untuk menganalisis keuangan perusahaan sahabat.
  • Jika sudah mendapatkan pinjaman, tanamkan pada diri sahabat untuk tidak terlambat membayar cicilan. Apabila sahabat memiliki riwayat sering terlambat membayar cicilan alias memiliki kredit macet, riwayat akan tercatat di Bank Indonesia. Jika sudah begitu, sahabat akan sulit untuk mengajukan pinjaman usaha lagi.
  • Adanya referensi pihak lain membuat bank lebih yakin pada sahabat  Minta distributor atau rekan bisnis sahabat untuk menulis referensi mengenai sahabat kepada bank.
  • Siapkan jaminan yang sesuai dengan jumlah pinjaman sahabat  Namun untuk pinjaman Usaha Mikro Kecil dan Menengah, bank biasanya bank memiliki keringanan dan kebijakan tersendiri.
  • Biasanya bank akan survey ke tempat usaha sahabat  Untuk itu pastikan tempat usaha sahabat terlihat rapi dan meyakinkan, lengkap dengan papan nama usaha di depan bangunan.
Kiat Mengelola Kredit Usaha

Apabila sahabat telah berhasil mendapatkan pinjaman, pastikan sahabat mengelolanya dengan baik agar membayar cicilan setiap bulan tidak terasa menyiksa. Inilah tips mengelola keuangan dari pinjaman bank.
  • Pastikan sahabat memiliki jenis usaha yang dapat membantu sahabat mendapatkan pemasukan perhari, atau minimal secara teratur (berkala). Bank mewajibkan peminjam membayar cicilannya setiap bulan, jadi pastikan sahabat memiliki cukup uang untuk membayarnya.
  • Kelola dan rencanakan setiap rupiah uang yang dikeluarkan dengan baik. Ingat bahwa uang tersebut bukan milik sahabat melainkan pinjaman dari bank.
  • Salah satu bentuk pengelolaan keuangan yang tepat adalah dengan menyisihkan penghasilan secara khusus untuk membayar cicilan. Jangan sampai sahabat belum mempos-poskan uang sesuai kebutuhan saat tiba waktunya membayar cicilan.
  • Bedakan uang bisnis dan uang pribadi. Karena pinjaman uang dari bank adalah pinjaman untuk usaha, jangan pernah gunakan untuk hal-hal pribadi agar sahabat tidak keteteran mengelolanya.
  • Bayar cicilan sesegera mungkin. Jangan sampai sahabat melambat-lambatkan waktu pembayaran, atau bahkan menunggak. Semakin sering sahabat berlaku disiplin dalam membayar cicilan, semakin baik nama sahabat di mata bank. Sebaliknya, jika sahabat tidak disiplin bank akan ragu memberikan kredit selanjutnya.
  • Rencanakan penggunaan uang pinjaman ini. Disiplinkan diri sahabat untuk mematuhi rencana keuangan yang sahabat buat agar penggunaan uang sesuai jalur.
  • Jangan gunakan uang pinjaman untuk kegiatan konsumtif. pinjaman uang adalah modal, karena itu gunakanlah uang pinjaman untuk kegiatan produktif.
  • Biasanya pelaku bisnis selalu 'gatal' untuk memutar uang. Sebelum memutar uang pinjaman, buat rencana yang baik, jangan sampai sahabat memutar uang karena alasan spekulatif.
  • Jika ingin memutar uang di bidang usaha lain, berkonsultasilah dahulu dengan pihak bank. Sebagai pemberi kredit, bank sangat berhak mengetahui status pinjaman uang dan untuk apa uang tersebut digunakan.
Itulah bahasan sekilas mengenai kredit yang meliputi unsur-unsur, tujuan, juga fungsi. Semoga posting ini dapat menambah wawasan sahabat mengenai pinjaman sehingga dapat dijadikan acuan dalam mengajukan pinjaman. walaupun, pinjaman memang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak selama bunga yang ditetapkan berada di tingkat wajar.

kalo sahabat membutuhkan pinjaman uang secara cepat jangan ragu-ragu ea untuk menghubungi saya
salam sukses dari hery :):)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas komentar sobat, saya akan membalas secepatnya, salam sukses!!

BACA JUGA POSTING LAINNYA