Jumat, 09 Januari 2015

Menabung sejak dini

Kadang-kadang menabung mungkin tampak mustahil. Anda membeli bahan makanan pada hari Senin, membayar tagihan pada hari Selasa dan pada hari Rabu gaji anda telah habis. Namun jika anda membuat rencana penghematan, anda akan "menemukan" uang di tempat yang tidak anda sangka sebelumnya!
Jika anda seperti kebanyakan keluarga Indonesia, Anda menunggu ada uang tunai "ekstra" untuk ditabung. Namun dengan membuat rencana, kebanyakan orang menemukan mereka dapat secara rutin menabung dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka.

Pada awalnya jumlah yang anda tabung tidaklah penting dibandingkan fakta bahwa anda mulai untuk menabung secara teratur. Tidak masalah untuk memulai dengan jumlah yang sedikit tetapi buat keputusan mengenai jumlah uang untuk ditabung setiap minggu atau bulan, komitmen sangat penting untuk "membayar diri anda terlebih dahulu". Mulailah dengan jumlah yang anda yakin dapat disisihkan sehingga anda membangun rasa keberhasilan bukan frustrasi. Giovanna Masci ahli manajemen keuangan dari Accion (Organisasi Nirlaba Internasional untuk Pengelolaan Keuangan Mikro) menyarankan hal berikut untuk membentuk rencana tabungan :

• Bedakan antara keinginan dan kebutuhan: kebutuhan nyata yang diperlukan untuk mendukung anda dan keluarga seperti tempat tinggal, makanan, pakaian dan transportasi. Semua kebutuhan yang mungkin meningkatkan gaya hidup keluarga anda seperti elektronik baru dan makanan direstoran bisa dihilangkan dari anggaran anda.

• Buat rencana yang realistis dan bisa mencapai tujuan menabung. Para ahli menyarankan anda untuk menempatkan 10 persen dari penghasilan ke tabungan. Itu tujuan yang baik tapi jangan menyerah jika anda tidak dapat menabung dengan jumlah banyak. Membentuk kebiasaan dan menabung secara konsisten lebih baik daripada menyisihkan sejumlah besar uang sekali saja.

• Buat rekening tabungan terpisah menggunakan auto debet. Jika anda mencampur rekening tabungan dengan rekening belanja, Anda akan memakai uang tabungan tersebut dan mungkin tidak pernah menabung kembali.

• Buat tujuan menabung secara tertulis. Menuliskan tujuan tabungan dapat memiliki dampak yang memotivasi  kebiasaan menabung anda. Itu membuat tujuan anda nyata dan konkret. Tuliskan tujuan jangka pendek, menengah dan tujuan jangka panjang bersama dengan kerangka waktu yang anda proyeksikan untuk mencapainya. Pastikan tujuan yang ingin dicapai cukup realistis dan periksa daftar ini secara teratur.
semoga posting ini bermanfaat

1 komentar:

  1. Buat irang tua harus mengajari anaknya menabung sejak kecil agar terbiasa keep post om nanti aku mampir lagi

    BalasHapus

Trimakasih atas komentar sobat, saya akan membalas secepatnya, salam sukses!!

BACA JUGA POSTING LAINNYA