Kamis, 08 Januari 2015

Sebab pinjaman uang tanpa agunan di tolak (hery 02199687811)

www.pinjaman-uang.com akan memberi gambaran atas Beberapa hal dapat menyebabkan kredit tanpa agunan (KTA) ditolak pihak bank:

1. Fail Verification
Kegagalan verifikasi disini maksudnya adalah bilamana pihak bank tidak bisa mendapatkan informasi yang tertera di dalam form aplikasi Anda. Informasi tersebut meliputi: data pribadi Anda, pendapatan (bisanya melalui HRD atau Finance) dan data kerabat dekat (emergency contact).
Hal ini dapat terjadi bila pihak bank kesulitan menghubungi Anda, misalnya ketika Anda dihubungi handphone Anda tidak dijawab, lowbatt atau diluar jangkauan. Di kantor ketika dihubungi pihak bank kebetulan Anda tidak ada ditempat.
Bagian keuangan atau HRD menjadi bagian penting juga dalam hal ini, karena pihak bank akan menghubungi mereka untuk konfirmasi mengenai status dan pendapatan Anda di perusahaan tersebut. Ketika pihak bank sulit mendapatkan informasi tersebut maka besar kemungkinan pinjaman Anda akan ditolak.
Begitu juga dengan kerabat dekat (emergency contacat) Anda harus mudah dihubungi. Untuk itu ada baiknya mencantumkan lebih dari 1 nomor telepon kerabat, seperti nomor telepon kantor dan nomor handphone lainnya sehingga mudah dihubungi. :)

2. Bad Credit
Bila Anda memiliki history kredit yang buruk, maka peluang untuk mendapatkan pinjaman sangat kecil. Ketika Anda menunggak pembayaran cicilan kredit Anda selama 2 bulan berturut-turut maka ini membuat history kredit Anda kurang baik.
Lain lagi halnya bila Anda pernah bemasalah dengan salah satu bank/ leasing hingga Anda tercatat dalam 'blacklist'.  Ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaiki kredit buruk menjadi baik, meskipun masalah tersebut telah Anda selesaikan.
Namun demikian, masih ada beberapa bank yang bisa mempertimbangkan masalah tersebut.

3. Pemakaian Kartu Kredit
Pada saat Anda mengajukan permohonan Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan penggunaan kartu kredit diatas 70% dari jumlah limit kartu Anda adalah hal yang kurang menguntungkan dalam penilaian kredit Anda. Apalagi jika  kartu kredit Anda over limit, Anda akan kesulitan mendapatkan jumlah pinjaman seperti yang diinginkan.  Kemungkinan disetujui tetap ada, tetapi mungkin jumlah pinjaman yang disetujui dapat menjadi masalah bagi Anda.
Pembayaran kartu kredit yang Anda lakukan setiap bulan juga menjadi perhatian credit analyst. Pembayaran kartu kredit yang terlambat dan pembayaran minimum (minimum payment) misalnya, juga mempengaruhi penilaian Anda.

4. Fraud
Ini adalah hal yang TIDAK BOLEH Anda lakukan dalam mengajukan permohonan pinjaman. Hal-hal yang termasuk didalam fraud dalah: pemalsuan data, informasi, dan dokumen.
Jadi, bijaksanalah ketika Anda mengisi form aplikasi pinjaman, bahwa data yang Anda tulis adalah data yang sebenarnya.

5. Documents
Dokumen-dokumen fotokopi yang dilampirkan hendaknya dapat dibaca dengan jelas dan baik. Dalam hal ini fotokopi KTP seringkali membuat pinjaman Anda ditolak, misalnya karena foto didalam KTP kurang jelas photo (wajah), tulisan nomor KTP dan tanggal lahir atau nama kurang jelas terbaca atau terdapat coretan-coretan pada KTP.

6. Jumlah Pinjaman
Besarnya jumlah pinjaman yang dapat diajukan berbeda antara bank satu dengan yang lain, ini tergantung aturan dari bank yang bersangkutan.
Seringkali terjadi aplikan tidak tahu sistem dan tata cara pengajuan jumlah pinjaman, sehingga mengajukan jumlah pinjaman sesuai kebutuhannya.
Tentu tidak ada yang salah dengan hal ini.  Akan tetapi, pengajuan jumlah pinjaman yang terlalu besar atau diluar aturan bank tempat Anda mengajukan pinjaman -  dapat menyebabkan pinjaman Anda ditolak.
Baiknya konsultasikan dengan marketing Anda mengenai besarnya pinjaman yang dapat Anda ajukan.
Adapun besarnya pinjaman yang dapat diberikan pihak bank akan dipengaruhi oleh hal-hal seperti:

  • Limit kartu kredit yang ada,
  • Penghasilan per bulan,
  • Jumlah tanggungan jika ada,
  • Pengeluaran kartu kredit jika ada,
  • Pengeluaran cicilan pinjaman jika ada,
  • Dan lain-lain.

7. Katagori Industri Usaha Perusahaan Anda
Kedengarannya aneh.. tapi informasi ini adalah benar, bahwa ada beberapa industri usaha yang dihindari oleh bank untuk diberikan pinjaman KTA.  Untuk informasi katagori ini, silahkan konfirmasi kepada marketing pinjaman KTA, karena setiap bank mempunyai aturan tersendiri dalam hal ini.

8. Karakter Aplikan
Ini adalah hal yang agak sulit dijelaskan.. karena, tentu saja karakter seseorang adalah cermin prilaku masing-masing individu yang telah terbentuk sejak lama. Tetapi, pada saat tertentu credit analyst terkadang merasa perlu mempertimbangkan karakter dari aplikan.
Tentu saja type karakter yang disukai umumnya seperti tidak banyak beralasan, bertanggung jawab dan sebagainya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai rencana untuk mengajukan pinjaman KTA / personal loan.
Semoga berhasil !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas komentar sobat, saya akan membalas secepatnya, salam sukses!!

BACA JUGA POSTING LAINNYA