Jumat, 09 Januari 2015

Apa itu sistem informasi debitur atau SID

Dalam pelaksanaan kegiatan perbankan dan lembaga pemberi kredit lainnya, Bank Indonesia mewajibkan bank atau lembaga tersebut untuk menyampaikan laporan mengenai data kredit nasabahnya. Laporan ini meliputi nama debitur/penerima kredit, alamat debitur, jumlah plafon kredit, status kredit dan sebagainya yang berkenaan dengan kredit debitur. Informasi ini sifatnya rahasia hanya diketahui oleh bank/lembaga pemberi kredit, Bank Indonesia dan debitur yang bersangkutan. Informasi ini dikelola dalam suatu sistem bernama Sistem Informasi Debitur atau disingkat dengan SID. Sedangkan pengecekan terhadap sistem ini biasanya dikenal sebagai BI Checking.

Data kredit itu akan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu informasi yang akan berguna bagi bank maupun lembaga kredit lainnya dan bagi masing-mesing debitur tentunya.
Informasi Debitur disediakan oleh Biro Informasi Kredit (BIK) yang merupakan sebuah biro di Bank Indonesia dengan tugas utama mengumpulkan data status kredit dari pelapor SID (Bank Umum, BPR dan Lembaga Keuangan Non Bank), mengolah tanpa memiliki kewenangan untuk mengubahnya serta mendistribusikan Informasi Debitur melalui Sistem Informasi Debitur (SID) yang hanya dapat diakses oleh pelapor SID dan Bank Indonesia.

Sistem Informasi Debitur ini akan digunakan oleh bank untuk menganalisis track record seorang calon debitur yang akan mengajukan pinjaman. Bank akan melihat berapa dan apa saja pinjaman yang dimiliki oleh debitur tersebut. Analisa bank terhadap persetujuan kredit diawali dari informasi outstanding kredit yang pernah atau sedang dimiliki oleh calon debitur dimaksud. Dalam informasi ini yang paling penting adalah status kredit apakah berkatagori macet atau tidak. Bank akan melakukan analisa kelayakan satu permohonan kredit dengan melakukan pengecekan informasi kredit yang berhubungan dengan calon debitur. Informasi kredit tersebut berupa bank atau lembaga pemberi kredit, nilai fasilitas kredit yang telah diperoleh, kelancaran pembayaran, serta informasi lain yang terkait dengan fasilitas kredit tersebut
Siapa saja bisa mengkases informasi ini??
Informasi Debitur dapat diminta oleh pelapor SID, debitur itu sendiri serta pihak lain yang diatur dalam ketentuan Bank Indonesia mengenai SID.
Bagi debitur individual yang ingin melakukan pengecekan SID, Bank Indonesia mempersyaratkan agar yang bersangkutan membawa KTP asli.

Bagi debitur individual yang melakukan pengecekan dengan mewakilkan kepada seorang kuasa, maka diwajibkan membawa :
- KTP asli pemberi kuasa dan fotokopi
- KTP asli penerima kuasa dan fotokopi
- Surat kuasa asli yang dibuat di atas materai Rp 6000,-

Bagi debitur perusahaan yang ingin melakukan pengecekan SID atas nama perusahaannya dapat dilakukan oleh Direktur/Komisaris perusahaan maupun pegawai perusahaan. Dalam hal pengecekan dilakukan oleh pegawai perusahaan, harus ada surat kuasa dari Direktur/Komisaris. Adapun dokumen yang harus dibawa adalah :
- Akta Perusahaan asli dan fotokopi
- KTP asli dan fotokopi Direktur/Komisaris yang namanya tercantum dalam akta perusahaan
- Surat kuasa asli di atas materai Rp 6.000,-
- KTP asli penerima kuasa dan fotokopi

Dalam pengecekan SID ini Bank Indonesia tidak memungut biaya apapun.
Nah, apabila Anda melakukan pengecekan SID ini, pada saat masuk ke Bank Indonesia, maka di pintu gerbang Anda akan dimintai kartu identitas oleh satpam. Berikan kartu identitas selain KTP, karena KTP akan Anda gunakan nantinya untuk mengecek SID.
Pengecekan ini harus secara langsung datang ke Bank Indonesia dan tidak dapat dilakukan melalui surat atau telepon atau media lainnya.
untuk mengetahui kegunaan SID sendiri sobat dapat lihat di manfaat sistem informasi debitur dan pengecekan SID secara online sobat bisa cek di cek daftar black list BI online
Anda dapat melakukan pengecekan SID di Bank Indonesia yaitu di :

GERAI INFO BANK INDONESIA
Lobby Menara Sjafruddin Prawiranegara,
Jl. M.H.Thamrin No.2, Jakarta, 10350,
Telp. (021) 2310108 ext. 5019.
Setiap hari kerja
Senin - Jumat, pukul 08.30 - 15.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas komentar sobat, saya akan membalas secepatnya, salam sukses!!

BACA JUGA POSTING LAINNYA